Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Saturday, December 3, 2016

8 Top - Hewan Yang Menyerupai Daun

Top Sketsa Sultra - Hewan dalam upaya pertahanan diri dari predator ataupun untuk mengelabuhi mangsa, salah satu caranya ialah berkamuflase dengan lingkungannya.

Contohnya seperti Bunglong yang menyesuaikan warna tubuhnya dengan lingkungannya atau corak pada Burung Hantu yang menyerupai warna pohon. Tetapi ada juga hewan yang tidak memerlukan perubahan tersebut karena hewan berikut ini sudah sedemikan rupa terlahir dengan bentuk yang unik yakni bagian tubuhnya menyerupai daun.

1. Kupu-Kupu Daun Mati - Kallima Inachus


Kupu-kupu Daun Mati foto by Common Wikipedia
Kupu-kupu Daun Mati ialah makhluk luar biasa untuk diamati dari dekat. Spesimen ini mengilustrasikan rincian rumit yang didapat oleh adaptasi melalui seleksi alam, yang merupakan pendorong evolusi. Rincian luar biasa ini membantu kupu-kupu menghindari pemangsa dengan meniru daun yang mati. Ketika sayap mereka melipat mereka terlihat seperti daun mati. Mereka dapat ditemukan di hutan, daerah subur seperti New Guinea, Jepang, Madagaskar dan India.

2. Ikan Daun Amazon - Monocirrhus polyacanthus


Ikan Daun Amazon foto by practical fish keeping
Ikan penghuni sungai Amazon ini memiliki bentuk seperti daun kering, mulai dari bentuk tubuhnya yang pipih hingga gerakannya yang perlahan terombang-ambing mengikuti arus sungai. Ikan daun ini termasuk predator licik, memangsa ikan-ikan yang lebih kecil dengan cara menarik perhatian mangsa melalui organ di dagunya yang menyerupai cacing. Apabila mangsa mendekat maka dengan super cepat [kurang dari seperempat detik] menghisap korbannya.

3. Belalang Anggrek - Hymenopus Coronatus

Belalang Anggrek foto by whyevolutionistrue.wordpress.com
Hymenopus Coronatus adalah spesies belalang yang memiliki warna tubuh menyerupai bunga anggrek. Nama lain hewan ini ialah Orchid Manthis, hidup hewan ini tidak akan jauh dari bunga Anggrek karena demi menyamarkan dirinya. Kalau sudah dekat sama kelopak bunga Anggrek hewan predator bakal sulit melihatnya. Habitat hewan ini terdapat di Asia Tenggara, pada umumnya Belalang Anggrek berwarna putih atau pink seperti warna kelopak bunga Anggrek 

4. Kuda Laut Daun - Phycodurus eques


Kuda Laut Daun / Leafy Seadragon foto by common photo wikipedia
Makhluk laut yang masih kerabat dekat kuda laut ini dikenal dengan nama Leafy Seadragon karena bentuknya seperti Naga Laut yang memiliki daun. Pigmen tubuhnya yang transparan dan bagian tubuh yang menyerupai rumput laut menjadikan hewan ini sulit untuk ditemukan. Kuda Laut Daun menghuni pesisir barat dan selatan Australia.  

5. Siput Laut Daun - Elysia chlorotica


Siput laut Daun foto by crybytes.com
Siput laut berwarna hijau ini membuat takjub ahli biologi karena hewan laut ini bertubuh setengah hewan setengah tumbuhan dan satu-satunya makhluk bergerak yang dapat memproduksi pigmen zat hijau daun [klorofil]. Elysia chlorotica menghuni pesisir timur Amerika Serikat ⟷ Massachusetts, Connecticut, New York, New Jersey, Maryland, Florida dan Texas. Hewan ini juga dapai dijumpai dipesisir utara Amerika Serikat ⟷ Canada dan Nova Scotia. Dengan kemampuan memproduksi klorofil, Siput Laut Daun bisa melakukan proses fotosintesis ⥋ suatu proses mengubah sinar matahari menjadi energi, yang dimana kemampuan tersebut hanya dimiliki oleh tumbuhan berdaun hijau.

6. Tokek Ekor Daun - Uroplatus phantasticus

Tokek Ekor Daun foto by Dailymail.com

Hewan ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1888 oleh George Albert Boulenger. Tokek Ekor Daun adalah hewan endemik pulau Madagaskar, masyarakat Madagaskar menyebutnya dengan nama Satanic Leaf Tailed Gecko atau Tokek Setan Ekor Daun. Hewan ini sangat piawai dalam menyamarkan dirinya, bukan hanya ekornya yang mirip dengan daun, namun seluruh tubuhnya dapat berubah warna hingga benar-benar persis seperti daun.

7. Serangga Daun - Phyllium Giganteum

Serangga Daun foto by me-time77
Serangga ini tidak mempunyai timpanum dan penghasil bunyi. Serangga ini pemakan tumbuh-tumbuhan dan mobilitasnya lambat, biasanya terdapat di pohon-pohon atau semak-semak dan aktif pada malam hari atau termasuk hewan Nocturnal. Bentuk tubuh Serangga daun menyerupai daun berwarna hijau atau daun kering.

Cara unik serangga ini untuk menipu predator, serangga daun ini berjalan dengan cara membolak-balikkan tubuhnya, layaknya daun yang tertiup angin. Beberapa serangga bahkan memiliki gigitan palsu tanda pada tepi tubuh mereka. Serangga Daun termasuk pada keluarga Philliidae, diperkirakan mereka sudah ada sekitar lebih dari 40 juta tahun lalu. Serangga Daun dapat ditemukan di Asia Selatan, Asia Tenggara dan Australia.

8. Belalang Daun - Katydid

Belalang Daun foto by s-jasinski
Belalang daun termasuk dalam spesis Tettigoniidae [Spesis Belalang], setidaknya 2000 jenis belalang daun dari 6400 jenis belalang telah teridentifikasi, hewan ini pada umumnya terdapat di daerah tropis. Keunikan dari hewan ini ialah pada sayap yang menyerupai daun, baik itu daun berwana hijau ataupun daun kering.  

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: 8 Top - Hewan Yang Menyerupai Daun
8 Top - Hewan Yang Menyerupai Daun
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFETsA544_8AraYRdYFLEyaDNaO4oVR2WMfJ9O2iYoTD_2c1n2gSppQLPBWKdkf2LTDGcrBHZOsS-mwTRdkJnmgZTG5mo_lG1rzGgLuC0y_gG1ki8xdo_lwJwib0RZa6ajMnXGqXWF-dwg/s640/Kupu-Kupu+Daun+Mati.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFETsA544_8AraYRdYFLEyaDNaO4oVR2WMfJ9O2iYoTD_2c1n2gSppQLPBWKdkf2LTDGcrBHZOsS-mwTRdkJnmgZTG5mo_lG1rzGgLuC0y_gG1ki8xdo_lwJwib0RZa6ajMnXGqXWF-dwg/s72-c/Kupu-Kupu+Daun+Mati.jpg
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2016/12/hewan-yang-menyerupai-daun.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2016/12/hewan-yang-menyerupai-daun.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy