Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Friday, December 2, 2016

10 Top - Hewan Yang Setia Seumur Hidup - Monogami

10 Top Sketsa-Sultra - Berikut ini hewan yang memberikan kita ilham dan memperlihatkan kita bagaimana indahnya menjaga hubungan yang harmonis dengan satu pasangan [monogami], walaupun pada umumnya di kerajaan hewan [Animal Kingdom] monogami merupakan hal yang langkah. Namum beberapa hewan berhasil membuktikannya.


Inilah hewan yang termasuk dalam hewan yang setia seumur hidup - Monogami

1. Bald Eagle - Rajawali Amerika

Sebagai simbol negara Amerika Serikat, tak heran mengapa negara super power ini mengagumi  dan menjadikan Bald Eagle sebagai simbol untuk menggambarkan kehidupan sosial masyarakat Amerika. Tapi lain halnya jika berbica soal kesetiaan, Bald Eagle tentu jauh lebih baik dari negara yang menjadikannya simbol dimana tingkat perceraian di Amerika yang tiap tahunnya mengalami peningkatan.

Sepasang Elang Amerika foto by The Tedster
Bald Eagle adalah tipikal hewan yang setia pada pasangannya dan hanya akan mencari pasangan baru jika pasangannya mati. Seperti yang diungkapkan oleh Carolyn Shea penulis dan editor di *Audubon [organisasi yang bergerak dibidang konservasi] mengatakan bahwa "Bald Eagle akan setia hingga maut memisahkan mereka". Walaupun Bald Eagle akan menyendiri untuk transformasi  yang lama akan tetapi Bald Eagle akan kembali ke sarang yang sama pada pasangannya.

 2. Wolf - Serigala

Sering digambarkan diberbagai kisah atau cerita rakyat sebagai penipu dan memiliki sifat yang licik. Namun bila menelusuri lebih jauh kehidupan nyata dari serigala, cerita atau kisah tersebut bertentangan dari sifat asli serigala. Serigala ialah hewan yang solid dan taat terhadap kelompok dan pasangannya, serigala memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi.

Sepasang [Alpha] Serigala Foto by Wolf Artic
Setiap kelompok serigala terdiri dari 20 atau bahkan lebih, tergantung dari pasokan makan pada wilayah perburuan mereka dan dipimpin oleh sepasang *Alpha [sebutan untuk pemegang kekuasaan tertinggi dalam kelompok serigala]. Meskipun Alpha jantan memiliki status tertinggi dalam kelompoknya, ia tidak akan mendominasi serigala betina lainnya. ia akan selalu setia pada Alpha betina.

Baca Juga : Top 5 Belajar Dari Serigala

3. Black Vultures - Burung Pemakan Bangkai


Black Vultures foto by Adrew C
Black Vultures berhasil membuktikan bahwa tampang menarik bukanlah ukuran untuk menilai suatu kesetiaan, Sebuah studi yang dilakukan oleh The Journal Behavioral Ecology diketahui bahwa Black Vultures akan menyerang Black Vultures lainnya jika kedapatan selingkuh, tak cuma itu Black Vultures yang kedapatan selingkuh tersebut akan dikucilkan dari kelompoknya.

4. French Angelfish

Pasangan romantis berikut ini penghuni bawah laut, dengan ciri khas corak pada badannya berwarna keemasan, nama hewan ini adalah French Angelfish. French Angelfish dapat dijumpai dilautan Brazil, New York, Mexico dan Karibia. Kamu beruntung jika mendapati French Angelfish tanpa pasangan soalnya ikan ini hidup berdampingan, melakukan perjalanan bersama bahkan berburu makanan pun dilakukan bersama.
French angelfish foto by Adam

French Angelfish membentuk ikatan monogami seumur hidup atau sampai salah satunya mati. Pasangan ikan ini bekerja sebagai tim yang kompak, dan mempertahankan wilayah teritorialnya dari pasangan French Angelfish lainnya.


5. Burung Albatros

Tarian Burung Albatros foto by Linda Paul
Burung Albatros hidup disekitaran pantai dan terkenal karena kemampuan terbang melintasi samudera. Kendati demikian seberapa jauh pun Albatros terbang, mereka akan selalu kembali ke sarang dengan pasangannya yang sama. Jalinan kasih yang kuat antara Albatros jantan dan betina berlangsung hingga seumur hayat. Mereka punya tarian ritual unik dan romatis merayakan kedekatan itu, dengan menempelkan paruhnya satu sama lain sambil menggoyang-goyangkan badannya.

6. Prairie Voles - Tikus Prairie - Tikus Padang Rumput

Prairie Voles
Pada species hewan pengerat seperti tikus, terkenal tukang kawin atau suka bergonta-ganti pasangan. Namun hal ini tidak berlaku bagi tikus padang rumput yang memilih untuk monogami. Pasangan yang sudah jadi akan terus saling mendukung dan merawat satu sama lain, berbagi sarang, membesarkan anak dan membersihkan kotoran pada sarang bila mereka buang air besar. Pejantan dari tikus jenis ini akan menghabiskan seumur hidupnya bersama betina pertama yang ia kawinnya. Karena saking setianya jangankan main mata dengan tikus betina lain, pejantan ini malah menyerang betina lain yang berani mendekatinya.

7. Madoqua kirkii - Antelop Afrika

Sepasang Antelop Afrika foto by Kevin Hughes
Antelop Afrika termasuk pada hewan yang monogami, sepasang Antelop Afrika sering terlihat menghabiskan waktu bersama-sama. Kendati masuk dalam hewan monogami Antelop Afrika tidak seperti kebanyakan hewan monogami lainnya, antelop jantan tidak turut membantu betinanya dalam mengasuh anak.

8. Turtle Dove - Burung Merpati

Sepasang Burung Merpati foto PS Jeremi
Burung Merpati tak diragukan lagi mengapa ia masuk dalam daftar hewan paling setia, Burung Merpati sering dijadikan simbol kesetiaan dan perdamaian karena pola hidup dalam menjalin hubungan sepasang Burung Merpati begitu dinamis dan romantis. Burung Merpati tergolong hewan yang sangat susah untuk berpindah kelain hati, pada beberapa kasus para ahli menemukan bahwa kerap kali Burung Merpati yang kehilangan pasangan hidupnya juga mengakhiri hidupnya, diduga karena depresi berat yang dialami Burung Merpati.

9. Schistosoma Mansoni - Cacing Parasit

Sepasang Cacing Parasit - Schistosoma Mansoni foto by Common Right Wikipedia
Cacing parasit jenis Schistosoma mansoni ini dapat menyebabkan gejala keracunan, diare, penurunan berat badan hingga dapat menyebabkan kematian. Terlihat menjijikkan memang. Namun diluar dugaan jika Cacing Parasit yang bereproduksi di dalam tubuh manusia ini adalah pasangan monogami sejati pada seluruh siklus hidupnya

10. Swan - Angsa

Angsa foto by Mark Lorch
Angsa sudah menjadi lambang kesetiaan selama berpuluh puluh tahun. Gambar 2 leher angsa berlainan jenis yang saling mendekatkan dahi dan membentuk lambang hati terkenal dan menjadi simbol yang lazim digunakan untuk melambangkan cinta kasih. Simbolik Angsa juga dapat ditemukan di undangan pernikahan, hingga pahatan es menjadi pajangan khas di resepsi pernikahan. Angsa adalah hewan monogami, setia pada pasangannya selama bertahun-tahun, kesetiaan angsa sampai seumur hidupnya. Fakta unik tentang Angsa ialah ternyata Angsa tidak jauh beda sama manusia yang lagi kasmaran, perilaku romantis yang menggebu-gebu ditunjukan pada awal mereka menjalin ikatan.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: 10 Top - Hewan Yang Setia Seumur Hidup - Monogami
10 Top - Hewan Yang Setia Seumur Hidup - Monogami
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwv5BL1GFOWa21PQ5fniTo8xuPvmvsMCGxWYz-M1-H7RMfUZdy1YSbxbUAFfDkZc5M4sDV-5IG1aTeLzdNDrrbG91q_kRWBt2YMOQAwlLCgc9pxdEB-mDr_ggqf73m8a12CZ20vIQfw_NV/s640/Bald+Eagle.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwv5BL1GFOWa21PQ5fniTo8xuPvmvsMCGxWYz-M1-H7RMfUZdy1YSbxbUAFfDkZc5M4sDV-5IG1aTeLzdNDrrbG91q_kRWBt2YMOQAwlLCgc9pxdEB-mDr_ggqf73m8a12CZ20vIQfw_NV/s72-c/Bald+Eagle.jpg
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2016/12/hewan-yang-setia-seumur-hidup-monogami.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2016/12/hewan-yang-setia-seumur-hidup-monogami.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy