Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Tuesday, March 12, 2019

5 Top - Jenis Tanaman Hias Succulents Populer di Indonesia

5 Top Sketsa Sultra - Tanaman Hias Langka  Jenis Succulents Populer di Indonesia
Tanaman Hias Langka ini yang Wajib di Miliki Jenis Succulents bisa didefinisi bagai tanaman yang dapat bertahan pada musim kemarau, karena tanaman ini terdapat timbunan air di dalam batang tanaman tersebut.

Tanaman yang berasal dari Afrika, Habitatnya Tumbuh di padang gurung yang tandus dan kering.

 Bermacam jenis tanaman succulents : Agave, Haworthia, Kalachoe dan Yucca yang merupakan beberapa jenis yang paling digemari sebagai tanaman hias.

Sementara itu Tanaman-tanaman succulent yang populer di tanah air kita adalah
1. Adenium
adenium dengan batang dan akarnya yang menggelembung besar . Sejak tahun 2008/2009, banyak varian bunga adenium baru, menawan dan cantik

Tanaman bunga ini Ada jenis yang berbunga besar dan kecil, ada pula yang berwarna merah solid, putih semburat merah , putih kehijauan, merah kombinasi dengan putih, putih polos, hingga jenis berbunga baru, seperti jenis kuning dan hitam.

Adapun Jenis yang cukup digemari diindonesia adalah ukuran bunga nya yang cukup besar, pertumbuhan cepat dan rajin berbunga.
Ada pula ‘My country’ yang mirip ‘Poseidon’, tetapi bentuk pinggiran kelopak bunganya lebih bulat.

2. Jathropa
Pohon yodium, jarak tintir, jarak cina, jarak gurita ( pulau jawa ), balacai batai ( ternate )
Pohon yodium ini merupakan tumbuhan tahunan, dengan akar tunggang.

Untuk tinggi tanaman ini bisa mencapai sekitar 2 meter dengan batang bulat, berkayu, pangkalnya membesar, bergetah dan tampak jelas bekas menempelnya daun.

Ketika masih muda batang berwarna hijau dan setelah tua menjadi putih kehijauan. Jika masih muda bentuk gerigi diujung daun belum nampak.

Pohon Yodium berdaun tunggal berwarna hijau dan tersebar, berbentuk hati dengan ujungnya runcing, pangkal membulat, panjangnya 15-20 cm, lebar 2,5-4 cm, bercangap, pertulangan menjari dan tepi rata.

Berbunga majemuk berbentuk malai, bertangkai, tumbuh di ujung cabang, jika masih muda berwarna hijau, setelah tua berwarna coklat. Kelopak bercangap dengan warna merah. Bijinya bulat, jika masih muda berwarna putih, dan setelah itu menjadi coklat.

3. Aloe Vera
Aloe vera (Lidah buaya) adalah sejenis tumbuhan ini sudah dikenal semenjak ribuan tahun silam dan dapat digunakan sebagai penyubur rambut, obat penyembuh luka, dan dapat pula di gunakan sebagai perawatan kulit.
Tumbuhan ini dapat dengan mudah ditemukan  di kawasan kering di Afrika.
Sumber Gambar : majalah-gempur.com

Seiring dengan kemajuan teknologi dan  ilmu pengetahuan, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan ataupun minuman kesehatan.

4. Euphorbia
Tanaman hias ini memiliki beragam macam jenis salah satunya euphorbia. Euphorbia merupakan tanaman Sukulen yang tergolong dalam keluarga Euphorbiaceae, memiliki habitat asli di Madagaskar.
Sumber Gambar : vanarista.com

Tanaman ini yang menyukai tempat terbuka dapat sinar matahari langsung dengan intensitas 75-80% selama 5-8 jam sehari. Temperatur yang ideal untuk pertumbuhan tanaman ini dan proses pembungaan euphorbia adalah 21-27° C.

5. Pachypodium
Pachypodium adalah tanaman langka pernah populer di Indonesia disekitar awal tahun 1990. Tapi entah kenapa baru awal tahun 2007 peminat terhadap tanaman ini kembali ramai. Padahal di luar negeri sudah lebih dari 1 abad, para peneliti, para pencinta dan kolektor tanaman langka memburu tanaman ini konon terancam punah ini.
 Sumber Gambar : tanamanku.net

Tumbuhan Pachypodium konon dipercaya sudah hidup selama jutaan tahun lalu sebelum era jaman batu, merupakan tanaman yang dapat terus ber-evolusi dan mampu menyesuaikan diri terhadap habitat di mana ia tumbuh.

Sisa tanaman purba yang satu ini tetap bisa bertahan hidup dan lestari sampai sekarang ini telah mampu menarik minat para peneliti dan kolektor tanaman langka sejak akhir abad ke-18.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: 5 Top - Jenis Tanaman Hias Succulents Populer di Indonesia
5 Top - Jenis Tanaman Hias Succulents Populer di Indonesia
Tanaman Hias Langka, Tanaman Hias, Tanaman Hias Succulents, Bunga Langka, Bunga Bonsai, Bunga Unik,
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJIucL9_Klw6sY3lZwF_FVlN4BM_yHpiBOpJs2IsIk8ct0ELIGBnbLCe8xP02KV26ivfCH3oy-5g283DnYp-h0e7Bm1jnImGdeXiBJHRfLfp70j7c_MpEl4TsXjvXolG8MaHB5VpY8z9pK/s640/Succulents+22.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJIucL9_Klw6sY3lZwF_FVlN4BM_yHpiBOpJs2IsIk8ct0ELIGBnbLCe8xP02KV26ivfCH3oy-5g283DnYp-h0e7Bm1jnImGdeXiBJHRfLfp70j7c_MpEl4TsXjvXolG8MaHB5VpY8z9pK/s72-c/Succulents+22.png
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/03/5-top-tanaman-hias-langka-jenis.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/03/5-top-tanaman-hias-langka-jenis.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy