Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Saturday, June 22, 2019

Aneka Masakan - Macam Ragam Soto

Sketsasultra.com - Indonesia bisa dibilang negara yang memiliki beribu ribu kuliner. Keberagaman kuliner di indonesia disebabkan oleh banyaknya budaya dan suku yang ada di indonesia.

Salah satu faktor tersebut menciptakan olahan masakan khas daerahnya masing masing. Dari pulau sumatera hingga pulau papua, pasti selalu berbeda dan memiliki kuliner khasnya masing masing.

Salah satu kuliner yang cukup terkenal di indonesia ialah Soto. Walaupun Soto sering kita jumpai disetiap daerah, namun jika anda meneliti lebih lanjut, di Indonesia ada beberapa macam jenis Soto.

Soto soto tersebut memiliki ciri khasnya masing masing. Ada yang ditambah dengan sayur kol, berbeda bumbu, menggunakan daging yang berbeda, cara memasaknya dan lain sebagainnya.

Jika anda penasaran dengan jenis jenis Soto yang ada di indonesia. Berikut ini daftarnya.

1. Soto Kudus


Orang Jawa Tengah tentu kenal dengan Soto yang satu ini. Soto Kudus cukup populer dikalangan penduduk Jawa Tengah. Soto Kudus sendiri biasanya menggunakan suiran ayam pada makanannya, namun tak jarang menggunakan daging kerbau.

Memang antara Soto Kudus dan Soto Lamongan hampir mirip, namun yang membedakannya ialah Soto Lamongan terdapat koya sebagai rempah rempah tambahan.

Dan alasan mengapa Soto Kudus tidak menggunakan daging sapi ialah merupakan bentuk penghormatan kaum muslim terhadap kaum hindu di kota Kudus.

2. Soto Makassar


Coto Makassar atau dibaca Soto Makassar ialah makanan khas kota Makassar yang dibuat dengan 40 jenis bumbu yang khas.

Soto Makassar biasanya menggunakan jeroan sapi, namun ada juga Soto Makassar yang sudah menggunakan daging sapi. Kuahnya yang kental dan berwarna cokelat, menandakan Soto ini kaya akan rempah rempah.

Ciri khas dari soto ini ialah dihidangkan dengan menggunakan ketupat yang dibungkus dengan daun pisang.

3. Soto Mie Bogor


Ya, Soto yang satu ini terdengar aneh, karena pada umumnya yang namanya Soto itu tidak menggunakan Mie dalam masakannya.

Namun berbeda dengan Soto khas kota Bogor ini. Anda tidak hanya bisa menemukan Soto ini di indonesia saja, namun anda bisa menemukannya di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Soto Mie ini menggunakan daging ayam atau sapi sebagai pelengkapnya, namun tak menutup kemungkinan menggunakan bahan lain seperti jeroan sapi, babat, urat dan lain lain.

4. Soto Lamongan


Kota Lamongan, Jawa Timur memiliki kuliner Soto khas yang berbeda dari lainnya. Ada tambahan bumbu pada Soto ini, yaitu koya. Koya yang ada pada Sotonya, membuat masakan tersebut tambah gurih.

Koya sendiri ialah remahan kerupuk udang halus. Pada Soto ini juga dilengkapi dengan suwiran ayam, daun bawang, dan potongan brokoli yang kemudian disiram dengan kuah kaldu khas Lamongan.

5. Soto Betawi


Apabila anda ingin mencari Soto yang lebih mewah, maka jawaban yang tepat menurut penulis ialah Soto Betawi.

Mengapa demikian? Karena kuah Soto yang ada di masakan ini tidak lagi menggunakan santan, namun menggunakan susu yang memiliki rasa lebih gurih.

Soto Betawi menggunakan daging sapi yang terkadang ditambah jeroan bagi anda yang berselera. Soto Betawi juga kaya akan rempah, pada sotonya ditaburi dengan acar, emping, jeruk nipis, minyak samin, dan sambal.

Kelima di atas merupakan macam ragam Soto yang ada di indonesia. Sebenarnya jika kita telusuri lebih lanjut lagi mengenai keragaman Soto, tidak akan ada habisnya.

Dari kelima jenis Soto yang penulis paparkan tersebut, anda bisa memilih jenis Soto manakah yang cocok dengan selera lidah anda.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Aneka Masakan - Macam Ragam Soto
Aneka Masakan - Macam Ragam Soto
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrlK2mz1Fb_U2Q7R4vPxm87_Y6s1A4VTqyG0YOZUICoVtB0lpycQtW2b2stHPkicogNJsGHWslNDg1AygmpJaGPoT2frIQJWD01bD5fzkkgvApDBHxrcXV9I4_dPBFiAaEuGWbqwGpQKiL/s640/coto.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrlK2mz1Fb_U2Q7R4vPxm87_Y6s1A4VTqyG0YOZUICoVtB0lpycQtW2b2stHPkicogNJsGHWslNDg1AygmpJaGPoT2frIQJWD01bD5fzkkgvApDBHxrcXV9I4_dPBFiAaEuGWbqwGpQKiL/s72-c/coto.png
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/06/aneka-masakan-macam-ragam-soto.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/06/aneka-masakan-macam-ragam-soto.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy