Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Tuesday, July 23, 2019

Bahaya Tas Ransel Anak Sekolah Terlalu Berat

Sketsasultra.com - Tahun ajaran baru baru saja berlangsung. Para Siswa/Murid kembali berutinitas ke sekolah seperti biasanya. Selalu ada rutinitas yang hampir tidak pernah berubah, yaitu pembagian buku pelajaran (paket) dan buku tulis  buku baru kita belikan hal ini yang dilakukan pada minggu-minggu pertama semester.

Menurut American Academy of Pediatics (AAP), ransel anak tidak boleh memiliki berat lebih dari 10 hingga 20 persen dari beratnya. Sayangnya batas ini sering terlampaui sehingga dapat meningkatkan beberapa risiko

Buku-buku yang tidak ringan tersebut pastilah akan dibopong ke sekolah sepanjang tahun ajaran berlangsung. Tetapi, ada hal yang perlu kita ketahui untuk para orangtua tentang bahaya yang mengintai bagi anak yang membawa tas terlalu berat.

1. Sakit pundak
Mengenakan ransel yang berat untuk waktu yang lama dapat menyebabkan ketegangan yang berlebihan di leher, bahu, dan punggung seseorang Menurut Quinn hal ini berfek jangka panjang berupa ketidak seimbangan otot yang berujung pada cedera dan menimbulkan kelemahan di tangan.

2. Anak Mudah Lelah/Capek
Sama seperti halnya orang dewasa, anakpun akan mengalami kelelahan jika terus-terusan membawa beban yang berat apalagi tubuhnya yang masih kecil. Efeknya pada anak akan jadi malas bergerak dan kurang aktif saat di sekolah. Jika hal seperti ini berlangsung secara terus-menerus, malah akan mengakibatkan anak mengalami kelebihan berat badan.

3. Pertumbuhan bisa terganggu
Proses pertumbuhan pada anak akan mengalami gangguan apabila tubuhnya terus diberi beban yang terlalu berat setiap harinya.

4. Tinggi atau Postur tubuh anak jadi buruk
Membawa tas ransel sekolah sampai anak harus membungkuk, bisa membuat postur tubuh anak benar-benar jadi bungkuk permanen. Atau, kebiasaan anak membawa ransel dengan hanya menyampirkannya di salah satu sisi bahu, bisa membuat postur tubuh anak jadi miring.

Bukan tadak mungkin akan mengalami berbagai gangguan pada tulang yang mengakibatkan tulang tak bisa tumbuh kembang dengan normal. Hal ini akan berpengaruh tinggi badan anak.


     Jika terpaksa membawa beban yang terlalu berat seperti pakaian olahraga atau kotak bekal, alangkah baiknya ditaruh di dalam tas jinjing yang terpisah.

Ajarkan anak-anak untuk membawa barang-barang se-efisien mungkin. Pastikan barang-barang yang dibawa sesuai dengan kebutuhan sesuaikan pelajaran pada hari tersebut.

Sesuaikan Roster/Jadwal Pelajaran dan jangan membawa benda-benda yang tidak diperlukan seperti mainan ataupun yang lainnya yang tidak bermanfaat di sekolah.

Sumber : www.suara.com, www.aappublications.org, tirto.id

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Bahaya Tas Ransel Anak Sekolah Terlalu Berat
Bahaya Tas Ransel Anak Sekolah Terlalu Berat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivssRDq55JHKakpV_IPxNikazTXl-gkaAaE5mXkl6TL7li4h_wfI-RnHpVfd0ZFtNkLMuwE3tAgcW7o4_eMCVOVFBYx2P9RuFMMvBOpAitkXA9B1klQctl7oCvSVlsEDJOdKDXHscGAHs/s640/sekolah.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivssRDq55JHKakpV_IPxNikazTXl-gkaAaE5mXkl6TL7li4h_wfI-RnHpVfd0ZFtNkLMuwE3tAgcW7o4_eMCVOVFBYx2P9RuFMMvBOpAitkXA9B1klQctl7oCvSVlsEDJOdKDXHscGAHs/s72-c/sekolah.png
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/bahaya-tas-ransel-anak-sekolah-terlalu.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/bahaya-tas-ransel-anak-sekolah-terlalu.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy