Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Monday, July 29, 2019

Sumber karsinogen tanpa kita sadari disekitar kita

Sketsasultra.com - Tanpa kita sadari, lingkungan disekitar kita ternyata membawa bibit bibit penyakit loh. Lalu dengna segitu banyaknya bibit bibit penyakit seperti virus, bakteri dan jamur, mengapa kita tidak terserang penyakit? Jawabannya karena kita memiliki sistem pertahanan tubuh.

Setiap orang memiliki sistem pertahanan tubuh sendiri sendiri. Ada yang memiliki sistem pertahanan yang kuat, ada pula yang lemah. Biasanya sistem pertahanan tubuh yang lemah ketika dia sedang sakit atau tidak fit.

      Sama halnya dengan virus, bakteri atau jamur, senyawa karsinogen yang digadang gadang penyebab kanker juga dapat menjangkit siapa saja, tapi setiap orang memiliki tingkat ketahanan terhadap penyebab kanker.

Tanpa kita sadari, ada banyak sekali penyebab kanker dan semua faktor tersebut. Penyebab penyebab kanker tersebut saya pilih berdasarkan apa yang sering kita temui di lingkungan kita.

Setelah mengetahui ini, diharapkan anda dapat mengurangi atau menghindari penyebab penyebab kanker tersebut. Berikut ini adalah Sumber Karsinogen tanpa kita sadari disekitar kita.

1. Sinar Matahari

Siapa sangka jika sinar matahari bisa menyebabkan kita terkena kanker. Sinar matahari mengandung sinar uv atau ultraviolet yang dimana sinar uv tersebut penyebab kanker. Sinar uv yang memiliki frekuensi tinggi, dapat merusak susunan gen pada tubuh kita.

Apabila susunan gen kita rusak, maka resiko kanker akan jauh lebih besar. Memang kita sendiri membutuhkan sinar uv untuk membentuk vitamin D, namun usahakan jangan terlalu sering terpapar sinar uv ini.

Apabila anda hendak keluar ruangan, maka saran saya ialah dengan menggunakan tabir surya atau mengenakan baju dengan lengan yang panjang. Kedua cara ini dapat meminimalisir paparan sinar uv ke tubuh kita.

2. Asap

Asap juga berperan penting dalam pembentukan sel kanker loh terutama pada saluran pernafasan. Ada banyak sekali jenis asap yang dapat menimbulkan masalah kanker, diantaranya ialah asap rokok, asap kendaraan, asap daging yang dibakar seperti sate, dan lain sebagainnya.

Jika asap rokok, memang ini tidak bisa dipungkiri lagi, karena asap rokok dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada paru paru. Selain itu asap kendaraan yang menyengat pun juga bisa membentuk senyawa karsinogenik.

Namun apakah anda tahu jika asap hasil bakaran sate pun juga penyebab kanker? Ya asap ini dihasilkan dari reaksi antara panas api dengan lemak pada daging maupun kulit. Apabila terhirup dalam jumlah yang banyak, anda harus berhati hati.

3. Pengawet Makanan

Kita tentu saja tidak bisa menghindari akan hal ini. Pengawet makanan yang sering sekali kita jumpai di berbagai jenis produk makanan ternyata membawa dampak buruk untuk kesehatan. Dalam produk makanan kaleng, plastik atau sejenisnya yang menggunakan bahan pengawet ternyata dapat menyebabkan kanker.

Sebenarnya mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet tidaklah berbahaya jika relatif sedikit. Yang menimbulkan masalah apabila kita tidak sadar mengonsumsi pengawet tersebut dalam jumlah yang besar.

Ada banyak sekali masalah yang ditimbulkan selain kanker, diantaranya ialah sakit kepala, gangguan saraf, gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, gangguan ginjal, gangguan jantung dan perubahan perilaku.

4. Pengharum Ruangan

Boleh boleh saja jika anda menggunakan pengharum ruangan untuk membuat ruangan anda menjadi semakin harum. Namun anda harus memperhatikan kadar dari penggunaan pengharum ruangan ini.

Pengharum ruangan biasanya terbuat dari berbagai macam zat kimia. Nah zat zat kimia tersebut jika dalam jumlah yang besar masuk ke dalam tubuh, maka dapat mengancam kesehatan.

Ada banyak langkah alternatif selain pengharum ruangan, salah satunya ialah dengan menggunakan tanaman tanaman alami sebagai pembersih udara ruangan. Semisal saja dengan menggunakan tumbuhan rosella, lavender, dan lain lain.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Sumber karsinogen tanpa kita sadari disekitar kita
Sumber karsinogen tanpa kita sadari disekitar kita
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizZBVah14HYAb1m9VkQa3EQ2tJ3Cs5icdFLKbEfrNVR4kAx0fbUFdjXt1O4lKQHEUA-9C6APSgHIUZYx_-BoRru4hn2YHnoV9SruMzSL0YQnNZ703xQrokzRquv09B_HAxqy4pn-KusJk/s640/ddd.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizZBVah14HYAb1m9VkQa3EQ2tJ3Cs5icdFLKbEfrNVR4kAx0fbUFdjXt1O4lKQHEUA-9C6APSgHIUZYx_-BoRru4hn2YHnoV9SruMzSL0YQnNZ703xQrokzRquv09B_HAxqy4pn-KusJk/s72-c/ddd.jpg
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/sumber-karsinogen-tanpa-kita-sadari.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/sumber-karsinogen-tanpa-kita-sadari.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy