Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Sunday, July 14, 2019

Cara Mudah Yang Dapat Melancarkan Pencernaan

Sketsasultra.com - Organ organ pencernaan memiliki peran yang sangat penting bagi makhluk hidup. Karena fungsinya yang sangat penting ini, kita harus menjaga dengan baik organ pencernaan.

Sistem pencernaan menjadi tonggak untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi kita. Jadi jika kita memiliki sistem pencernaan yang baik, maka bisa dipastikan penyerapan gizi ke dalam tubuh akan menjadi baik pula.

Namun jika kita tidak bisa merawat organ pencernaan, maka bisa bisa kita mengalami masalah pada penyerapan gizi dari makanan yang kita makan.

      Namun kadang kala, saluran pencernaan kita mampet atau bermasalah. Masalah yang sering terjadi yaitu sembelit. Sembelit ialah jarang buang air besar atau susah untuk mengeluarkan feses.

Masalah ini tentu sangat mengganggu aktifitas sehari hari. Ada banyak sekali penyebab mengapa terjadinya sembelit. Salah satu diantaranya ialah karena kita sering menahan buang air besar. Selain itu, kita jarang minum air putih.

Padahal air putih sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Nah, jika anda mengalami sembelit, sebaiknya perbanyak minum air putih agar feses tidak keras. Selain itu ada beberapa makanan yang dapat meredakan sembelit. Berikut ini adalah Makanan yang dapat melancarkan pencernaan.



1. Makanlah makanan yang banyak mengandung serat

      Ini adalah salah satu cara yang umum untuk dilakukan. Jika sembelit terjadi, carilah makanan yang banyak mengandung serat. Serat sendiri dapat melancarkan pencernaan serta dapat membuat rasa kenyang.

Mengapa serat dapat melancarkan buang air besar? Karena zat ini akan menjaring residu pada saluran usus dan nantinya dapat merangsang untuk membuang air besar.

        Ada banyak makanan yang mengandung serat, diantaranya sayuran hijau seperti kangkung, daun pepaya, bayam, kubis, wortel dan lain sebagainnya. Selain itu, ada pula buah buahan yang banyak mengandung serat, salah satu diantaranya ialah pepaya.

Makanlah makanan yang banyak mengandung serat ini untuk kelancaran pencernaan anda. Selain dapat melancarkan pencernaan, serat juga dapat memberikan sensasi kenyang.

2. Banyak Minum Air Putih

      Air putih disini memiliki peran yang sangat penting untuk kelancaran pencernaan. Air putih dapat membersihkan saluran pencernaan, selain itu air putih juga dapat mengencerkan dan melancarkan pencernaan.

Apabila anda merasakan sembelit dan belum kunjung reda, maka saran saya ialah dengan memperbanyak minum air putih agar feses menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan nantinya.

        Disini saya menyarankan untuk minum air putih, bukan hanya sekedar air. Anda tidak disarankan untuk minum minuman berkafein, seperti soda dan kopi. Serta minuman beralkohol. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan kehilangan cairan dan nantinya malah membuat sembelit anda semakin buruk.

Apabila anda selama ini tidak menaati rule untuk minum 2 liter sehari, maka kembalikan aturan ini agar feses anda mudah keluar nantinya.

3. Perbanyak Olahraga

       Olahraga ternyata sangat baik untuk membantu agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Ketika anda berolahraga, denyut jantung dan kerja otot akan meningkat. Setelah itu, denyut otot ini akan membantu usus anda untuk mengeluarkan kotoran.

Maka dari itu, lakukanlah olahraga secara rutin agar kinerja sistem pencernaan anda menjadi baik. Lakukanlah olahraga ringan ringan saja semisal seperti jogging. Olahraga seperti ini akan membuat kamu menjadi lebih bugar, selain itu juga akan membuat pencernaan menjadi lancar.

4. Tidak Menahan Buang Air Besar
       Janganlah memiliki kebiasaan buruk ini, yaitu menahan buang air besar. Yang terjadi apabila anda menahan buang air besar ialah tubuh akan menyerap air yang ada di usus anda, sehingga feses anda akan menjadi keras.

Maka dari itu, imbangilah dengan minum air putih yang banyak. Resiko sembelit akan menjadi besar apabila anda semakin sering menahan buang air besar.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Cara Mudah Yang Dapat Melancarkan Pencernaan
Cara Mudah Yang Dapat Melancarkan Pencernaan
https://lh3.googleusercontent.com/l7AzoibevjKI9eze2_RZsJGt6WBcFId_BCTJXfAHPjan-UQUeuPO5ig0cBkYdZrxWZlFY1_LlgwTMJAY4VY4C1fjfzK-b6DW_dHGhD1kR1HleNeIW8icmon4xCkX8UTBYtqfdC2z
https://lh3.googleusercontent.com/l7AzoibevjKI9eze2_RZsJGt6WBcFId_BCTJXfAHPjan-UQUeuPO5ig0cBkYdZrxWZlFY1_LlgwTMJAY4VY4C1fjfzK-b6DW_dHGhD1kR1HleNeIW8icmon4xCkX8UTBYtqfdC2z=s72-c
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/cara-mudah-yang-dapat-melancarkan.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/cara-mudah-yang-dapat-melancarkan.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy