Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Thursday, July 4, 2019

Kuliner Khas Asal Jawa Timur

Sketsasultra.com - Jawa menjadi pulau yang memiliki populasi terbesar di indonesia. Walau begitu, hanya ada beberapa suku saja yang menempati pulau jawa.

Tetapi walaupun jumlah suku yang ada di pulau jawa dapat dihitung dengan tangan, masakan khas dari setiap daerah di pulau jawa sangatlah beragam.

Salah satu wilayah yang memiliki beragam kuliner ialah Jawa Timur. Banyak sekali kuliner khas Jawa Timur yang telah dikenal hingga seluruh pulau jawa.

      Memang mencicipi kuliner indonesia itu tidak ada habisnya. Jangankan seluruh negeri nusantara, seluruh pulau jawa saja kita belum tentu pernah mencobanya semua. Terutama provinsi Jawa Timur lah yang menyumbang paling banyak kuliner.

Bagi anda yang belum pernah mencicipi kuliner khas Jawa Timur ini, ada baiknya anda bisa mencoba untuk merasakan betapa enaknya kuliner khas Jawa Timur ini. Berikut ini adalah kuliner khas Jawa Timur.

1. Rujak Cingur


Apabila anda pergi ke Surabaya, tak lengkap rasanya jika belum mencoba rujak unik yang satu ini. Dari namanya saja sudah membuat kita merinding. Bagaimana tidak, arti dari Cingur sendiri ialah moncong atau mulut.

Ya benar, rujak ini menggunakan mulut sapi sebagai bahan campurannya. Inilah yang membedakan antara Rujak Cingur dengan rujak lainnya. Rujak Cingur juga menggunakan beberapa sayuran dan buah seperti kedondong, mangga, bengkoang dan kedondong. Semua itu diiris sesuai selera bersama tempe goreng dan disiram dengan saus kacang dan petis.

2. Rawon


Mungkin diantara kalian akan langsung hilang nafsu makannya jika melihat Rawon. Namun siapa sangka, warnanya yang cenderung cokelat kehitaman ini memiliki rasa yang gurih dan manis.

Campuran antara bawang merah, lengkuas, bawang putih, kemiri, serai, ketumbar, kluwek, garam, kunir, cabai dan minyak nabati ini mampu menciptakan rasa yang gurih serta manis.

Rawong juga menggunakan daging yang pada umumnya daging sapi. Bumbu bumbu tersebut ditumis hingga harum kemudian dimasukan kedalam kaldu rebusan daging sapi.

3. Pecel


Disini antara Pecel dan Gado Gado hampirlah mirip. Semuanya terdiri dari campuran sayuran serta lontong. Makanan Pecel sendiri tidak usah diragukan lagi eksistensinya di masyarakat indonesia.

Kuliner Pecel sudah menjamur dan tersebar ke seluruh wilayah di indonesia. Pecel sendiri terdiri dari kacang panjang, mentimun, taoge, singkong, dan daun kemangi atau daun ketela.

Semua bahan ini dicampur dan disatukan dengan sambal kacang. Ada pula masakan Pecel yang ditambah dengan asam jawa dan daun bawang. Inilah yang dapat menambah cita rasa dari Pecel.

4. Sate Madura


Tak ketinggalan jika kita membahas kuliner khas Jawa Timur yaitu Sate Madura. Madura sendiri ialah sebuah pulau yang terpisah tak jauh dari pulau jawa.

Keberadaan Sate Madura sendiri telah dikenal oleh masyarakat luas. Hampir seluruh kota besar di indonesia pasti ada yang menjual Sate Madura ini.

Sate Madura biasanya menggunakan daging ayam, tapi tak menutup kemungkinan menggunakan bahan dasar lainnya. Siraman saus kacang diatas sate tersebut dapat meningkatkan cita rasa dari kuliner ini.

5. Brem


Diantara kalian mungkin sedikit asing dengan kuliner yang satu ini. Kuliner ini cocok menjadi buah tangan ketika kita mengunjungi Jawa Timur terutama di kota Madiun.

Makanan ini bercita rasa manis dan sedikit dingin ketika kita menggigitnya. Brem sendiri dibuat dari sari ketan yang dimasak, kemudian dicetak dan dikeringkan. Sebelum diolah, sari ketan tersebut difermentasikan terlebih dahulu selama 1 malam.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Kuliner Khas Asal Jawa Timur
Kuliner Khas Asal Jawa Timur
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjw3mDmMkk9uM8pKoxrIz9CHKnLA7e0gfflz9hgv_T1yCz42ejZOS4j6-Cl3tcu8-eAroDdhkiHJSMvsRyzspdguYhAgMupVc4KkqynM3lbbXHty2rCYoAuEZfnnRrhyphenhyphenno3kURnKngx6DCQ/s640/makan.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjw3mDmMkk9uM8pKoxrIz9CHKnLA7e0gfflz9hgv_T1yCz42ejZOS4j6-Cl3tcu8-eAroDdhkiHJSMvsRyzspdguYhAgMupVc4KkqynM3lbbXHty2rCYoAuEZfnnRrhyphenhyphenno3kURnKngx6DCQ/s72-c/makan.png
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/kuliner-khas-asal-jawa-timur.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/kuliner-khas-asal-jawa-timur.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy