Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Friday, July 5, 2019

Makanan Khas Jawa yang Penuh Gizi

Sketsasultra.com - Mungkin diantara anda sangat menyukai masakan nusantara. Salah satu wilayah nusantara yang memiliki beragam kuliner ialah Jawa.

Selain disebut pulau terpadat di indonesia, Jawa juga dikenal sebagai tempat yang memiliki banyak sekali kuliner. Banyaknya kuliner di pulau Jawa disebabkan oleh beragamnya penduduk di pulau ini. Selain itu, banyak juga masyarakat yang merantau dari luar pulau Jawa.

       Kuliner khas Jawa ini telah banyak beredar di kalangan masyarakat indonesia. Kuliner tersebut dapat kita temui dengan mudah di pusat oleh oleh atau penjual di pinggir jalan.

Memang tidak semua orang dapat memasak masakan khas Jawa, namun ada banyak sekali resep resep masakan khas Jawa yang telah beredar luas di internet.

Masakan Jawa selain mengedepankan rasa, juga mengedepankan pula gizi yang terkandung di dalamnya. Nah, maka dari itu, anda jangan lupa memasukan daftar masakan khas Jawa ini ke dalam menu makanan untuk pemenuhan gizi.

1. Soto


Siapa toh yang tidak kenal dengan soto. Soto ialah sebuah sup yang didalamnya terdapat tauge, bihun, seledri, bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, jeruk nipis dan lain sebagainnya.

Semua bahan ini tentu mengandung gizi dan nutrisinya masing masing. Sebagai contoh, jeruk nipis sendiri mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu bawang putih dan bawang merah menjadi antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk mendetoks racun. Setidaknya ada 6 jenis soto khas jawa yang sudah terkenal.

2. Ketoprak


Tentu kita tidak asing dengan kuliner khas Jakarta ini. Ketoprak sekarang sudah sangat mudah kita temui di berbagai wilayah pulau Jawa bahkan hingga luar pulau Jawa. Ketoprak dikatakan mengandung banyak gizi karena didalamnya terdapat banyak sekali sayuran yang dibutuhkan oleh tubuh.

Semisal seperti mentimun, telur rebus, tahu, taoge dan lain lain. Semua bahan makanan ini mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein sendiri digunakan tubuh untuk membangun dan memperbaiki sel sel yang rusak.

3. Gado Gado


Kita sangat mengenal makanan yang dipenuhi oleh sayuran ini. Dari namanya saja kita sudah mengetahui jika Gado Gado merupakan campuran dari beberapa bahan makanan.

Bahan yang digunakan dalam Gado Gado hampir semuanya menggunakan sayuran segar. Sayuran tersebut ialah selada, tomat, kentang, mentimun, taoge, kubis, kacang panjang dan lain sebagainnya. Semua sayuran ini disiram dengan saus kacang.

Jadi bisa dibilang ini adalah saladnya orang jawa. Didalam satu porsi Gado Gado terdapat kandungan nutrisi mulai dari karbohidrat dari lontong, serat, mineral, vitamin, dan lain sebagainya.

4. Lontong Balap


Diantara anda mungkin asing dengan makanan yang satu ini. Lontong Balap ialah makanan khas kota Surabaya. Makanan ini sendiri terdiri dari lontong, lentho, tahu goreng, taoge, kecap, sambal, dan bawang goreng.

Di dalam makanan ini terdapat lentho. Lentho sendiri ialah makanan yang terbuat dari adonan tepung dan kacang yang ditumbuk kasar. Kacang yang ada pada makanan ini dapat mencegah kanker. Selain itu, bawang goreng juga menjadi anti oksidan yang baik buat tubuh.

      Diatas merupakan makanan makanan Jawa yang memiliki kandungan gizi tinggi. Selain itu ada beberapa lagi makanan makanan yang lainnya, semisal seperti Rawon, Gudeg, Nasi Kuning, dan lain lain.

Semua makanan itu bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. Dan anda tidak perlu khawatir mengenai harga yang ditawarkan, karena pada umumnya semuanya murah dan terjangkau.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Makanan Khas Jawa yang Penuh Gizi
Makanan Khas Jawa yang Penuh Gizi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhdCLCsDEGZYQ-F7vFYlnmbkA7i2yB84Myt0ERnjPrADJskWYAglLVv4jjYv4XhpepbA1knFjTqOl5thX8Kphl5yXHLICuJ9QBq8bEBQxdbQ-Y_4rjuLkh8989EblNg-3qdgZrrY76KPJq/s640/jawa.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhdCLCsDEGZYQ-F7vFYlnmbkA7i2yB84Myt0ERnjPrADJskWYAglLVv4jjYv4XhpepbA1knFjTqOl5thX8Kphl5yXHLICuJ9QBq8bEBQxdbQ-Y_4rjuLkh8989EblNg-3qdgZrrY76KPJq/s72-c/jawa.png
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/makanan-khas-jawa-yang-penuh-gizi.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/makanan-khas-jawa-yang-penuh-gizi.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy