Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Monday, July 1, 2019

Makanan Khas Jawa Barat Yang Memiliki cita Rasa Gurih

Sketsasultra.com - Jawa Barat merupakan sebuah provinsi yang ada di pulau Jawa yang dimana identik dengan masakannya yang gurih.

Makanan makanan yang ada di Jawa Barat juga banyak diburu oleh pecinta kuliner. Sebagian besar dari kuliner negeri Sunda ini, ternyata telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Masakan khas provinsi Jawa Barat biasanya identik dengan bahan utama berupa tahu, udang, daging ikan, ayam dan lain sebagainnya.

      Bagi anda yang menyukai makanan bercita rasa gurih dan sedikit pedas, maka jawaban yang tepat ialah cobalah kuliner khas Jawa Barat. Karena kebanyakan masakan khas Jawa Barat memiliki cita rasa pedas dan gurih manis.

Untuk harga setiap makanannya pun juga cukup murah. Ada yang mulai dari Rp. 5000 hingga Rp. 20.000 saja anda sudah bisa menikmati seporsi masakan khas Jawa Barat ini.

Semua itu tergantung dari banyaknya makanan yang anda pesan. Bagi anda yang kepo mengenai masakan khas Jawa Barat yang bercita rasa gurih, berikut ini adalah daftarnya.

1. Tahu Gejrot

Mungkin diantara anda sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Makanan ini sering kita jumpai tersebar di kota besar. Tahu Gejrot sendiri berbahan dasar tahu yang sedikit kopong di dalamnya. Makanan ini berasal dari kota Cirebon.

Bagi anda pecinta makanan kuah manis dan gurih, maka makanan ini sangat cocok buat anda. Mengapa demikian? karena makanan ini dibumbui langsung dengan irisan bawang merah serta beberapa buah cabai.

Selain itu, kuahnya terdiri dari kecap manis, gula jawa, dan asam (sesuai selera). Tentu saja perpaduan antara bawang merah, cabai, dan kuah khas ini menciptakan rasa yang gurih dan manis.

2. Batagor

Batagor sering sekali kita jumpai di pinggir jalan. Batagor sendiri merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Makanan ini berasal dari kota Bandung, biasanya mereka berjualan Batagor berasal dari Sunda.

Batagor sendiri berisi tahu goreng serta beberapa buah siomay. Biasanya terdapat beberapa bahan pelengkap lainnya yang dapat mengisi batagor, semisal saja sayur kol, telur, pare, pangsit dan lain sebagainnya. Batagor sendiri biasanya disajikan dengan bumbu kacang, kecap dan jeruk nipis.

3. Karedok

Karedok ini hampir mirip dengan pecel, gado gado atau lotek. Sebenarnya, ada beberapa hal yang membedakan Karedok dengan makanan makanan tersebut.

Karedok sendiri dibuat dari sayuran mentah seperti kol, tauge, kacang panjang, mentimun, kemangi, terong, dan ubi. Bahan bahannya inilah yang membedakan Karedok dengan Gado Gado. Semua sayuran tersebut disiram dengan saus kacang yang terdiri dari kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, terasi, cabai merah, dan bawang putih.

4. Sate Maranggi

Di Indonesia ada banyak sekali jenis masakan sate. Bahan bahan yang digunakannya pun berbeda beda. Ada yang menggunakan daging ayam, daging sapi, kerbau, dan lain lain.

Ternyata Jawa Barat mempunyai kuliner sate yang khas, yaitu sate Maranggi yang berbahan dasar daging sapi atau kambing. Yang membuat sate ini berbeda dengan sate sate pada umumnya ialah proses perendaman daging dalam bumbu sebelum dibakar.

Sate Maranggi disajikan tanpa saus tambahan, karena rasanya sudah nikmat dan gurih yang berasal dari rendaman bumbu bumbu khas tersebut.

Sate ini selain dapat disajikan dengan nasi, disajikan pula dengan lontong, ketan bakar, dan nasi timbel. Semuanya tergantung selera anda.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Makanan Khas Jawa Barat Yang Memiliki cita Rasa Gurih
Makanan Khas Jawa Barat Yang Memiliki cita Rasa Gurih
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUXwgQCvVAEnk0m8R4roWThEuMOmw_Hk5_KIFXZEYNtFRDwDFMoAyxXJUfLTk79Ea_zNvTnwR1Ut6kN4JPLwAoH9_WVYmDFxcc8sful8d38OOXYji1osxrYmZjWX8jSv-yykv7-ryzn64u/s640/makanan23.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUXwgQCvVAEnk0m8R4roWThEuMOmw_Hk5_KIFXZEYNtFRDwDFMoAyxXJUfLTk79Ea_zNvTnwR1Ut6kN4JPLwAoH9_WVYmDFxcc8sful8d38OOXYji1osxrYmZjWX8jSv-yykv7-ryzn64u/s72-c/makanan23.png
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/makanan-khas-jawa-barat-yang-memiliki.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/makanan-khas-jawa-barat-yang-memiliki.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy