Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Tuesday, August 27, 2019

Ambang Batas Radiasi Dalam Radiologi atau Kehidupan Sehari hari

Sketsasultra.com - Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit mematikan. Faktor faktor tersebut secara tidak sadar kita sering menemuinya di kehidupan sehari hari.

Dan bahkan faktor faktor tersebut tidak bisa kita hindari. Salah satu penyakit yang mematikan dan faktor penyebabnya sering kita temui ialah Kanker. Penyakit kanker banyak sekali penyebabnya, namun penyebab utama ialah senyawa karsinogen.

Kanker terjadi karena kerusakan pada DNA yang mengakibatkan pembelahan sel yang tidak beraturan. Dan penyebab utama kerusakan DNA ini adalah Radiasi.



        Radiasi sendiri dapat kita jumpai di kehidupan sehari hari, terutama pada perangkat teknologi di sekitar kita. Semua makhluk hidup pasti akan terkena paparan sinar radiasi. Entah itu radiasi dari luar angkasa atau dari dalam bumi.

Semua radiasi radiasi tersebut memang cukup kecil, namun anda perlu mengetahui ambang batas radiasi yang dapat kita terima agar kita tidak terkena kelainan genetik.

Ambang Batas Radiasi Manusia
Manusia sendiri maksimal terpapar radiasi sebesar 50 mikrosievert per tahun. Sedangkan apabila orang tersebut terpapar radiasi sebanyak 100 milisievert per tahun, ini merupakan ambang batas minimal manusia yang boleh terkena radiasi dalam setahunnya.

Karena pada level ini, merupakan level minimum manusia dapat terkena kanker akibat radiasi. Potensi kanker akan bertambah apabila orang tersebut terpapar radiasi lebih dari 100 milisievert.

        Lalu apa yang terjadi ketika kita terpapar radiasi lebih dari 100 milisievert? Hal kemungkinan pertama ialah akan meningkatkan faktor resiko terkena kanker.

Tidak semua orang apabila telah terpapar radiasi 100 milisievert langsung terkena kanker, semua itu tergantung daya tahan tubuh orang tersebut.

       Apabila telah mencapai level 1000 milisievert secara kumulatif, ini akan meningkatkan kanker fatal sebesar 5%. Pada level ini juga sel darah putih pada manusia akan berkurang.

Sebenarnya sel darah putih tersebut juga dapat memakan sel sel kanker. Sementara untuk dosis 5000 milisievert, manusia akan mati dalam waktu 1 bulan.

Sumber Radiasi 
Ada banyak sekali sumber radiasi yang mengenai kita. Diantaranya ialah sumber radiasi yang berasal dari luar angkasa, dalam tanah, teknologi sehari hari, dan lain lain. Sinar kosmik sendiri mengandung banyak sekali radiasi seperti radiasi gamma, neutron dan lain lain.

Sedangkan dari dalam tanah, radiasi radiasi tersebut dapat kita temui berupa unsur Radon. Dipercaya, Radon berasal dari awal pembentukan bumi. Selain itu, teknologi terkini seperti mesin X Ray juga merupakan sumber radiasi. Oleh karena itu, kita jangan sering sering terpapar radiasi dari X ray.

Resiko Terjadi Kanker
Sebenarnya bukan hanya radiasi saja yang menyebabkan kanker, namun ada resiko lain yang dapat menyebabkan kanker, yaitu gaya hidup yang buruk. Gaya hidup yang buruk ini salah satunya berupa kebiasaan merokok dan makan makanan yang dapat mengaktifkan karsinogen.

        Memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika merokok dapat menyebabkan atau meningkatkan resiko kanker. Oleh karena itu, ada baiknya untuk anda segera berhenti merokok. Merokok dapat menyebabkan kanker paru paru.

Secara kumulatif, walaupun radiasi dengan 100 milisievert belum tentu dapat menyebabkan kanker bagi sebagian orang, namun dengan merokok, resiko tersebut akan menjadi lebih besar. Selain itu, makanan yang mengandung karsinogen juga dapat meningkatkan resiko kanker. Oleh karena itu, perhatikan secara baik gaya hidup anda.

      Setelah kita melihat ambang batas dari radiasi yang boleh terpapar oleh tubuh, kita harus lebih berhati hati agar kita tidak terpapar radiasi melebihi ambang batas yang diperbolehkan.

Untuk melihat seberapa besar tubuh kita terkontaminasi radioaktif, anda bisa menggunakan jasa pengecekan radiasi dalam tubuh. Setelah mengetahui hasilnya, nanti anda bisa mengurangi terpaparnya radiasi pada tubuh.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Ambang Batas Radiasi Dalam Radiologi atau Kehidupan Sehari hari
Ambang Batas Radiasi Dalam Radiologi atau Kehidupan Sehari hari
https://lh4.googleusercontent.com/GJ14p_42cbaLP_q58fFlR13u3rPRiMxUzYu54gV_b3DgyK5JaThXgR-pMZ2NJ-_CeSMTEWvupG1ZsWO2ut6vuGhuuAV2nr83GXyB5RoBp1lBwDmXnIBNpc5qhOqDvxSYuDeY9eWs
https://lh4.googleusercontent.com/GJ14p_42cbaLP_q58fFlR13u3rPRiMxUzYu54gV_b3DgyK5JaThXgR-pMZ2NJ-_CeSMTEWvupG1ZsWO2ut6vuGhuuAV2nr83GXyB5RoBp1lBwDmXnIBNpc5qhOqDvxSYuDeY9eWs=s72-c
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/08/ambang-batas-radiasi-dalam-radiologi.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/08/ambang-batas-radiasi-dalam-radiologi.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy