Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Wednesday, August 7, 2019

Penyebab Gigi Bungsu Sakit di Usia Remaja

Sketsasultra.com - Aktifitas sehari hari tentu akan terganggu jika kita sedang sakit. Nah ada rasa sakit yang sangat mengganggu dan bahkan membuat kita kehilangan fokus. Rasa sakit tersebut diakibatkan karena masalah pada gigi.

Entah itu gigi yang berlubang atau pengeroposan gigi, semua itu menimbulkan rasa nyeri yang sangat mengganggu. Demikian pula dengan gigi bungsu yang tumbuh ketika di usia remaja. Apabila gigi bungsu tersebut tumbuh tidak normal atau menyenggol gigi geraham lainnya, maka ini akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.



      Gigi bungsu ini memang tumbuh terakhir, dan waktu tumbuhnya yaitu ketika manusia berusia 17 - 24 tahun. Ada sebagian orang yang gigi bungsunya tumbuh normal, namun ada juga orang yang mengalami masalah pada tumbuhnya gigi bungsu ini.

Gigi bungsu yang tumbuh abnormal, akan menyenggol atau bahkan merusak gigi yang ada di sampingnya. Tumbuhnya yang abnormal disebabkan karena gigi bungsu tersebut sudah tidak memiliki ruang untuk tumbuh.

Penyebab Rasa Sakit Pada Gigi Bungsu
     Penyebab utama rasa sakit yang diakibatkan tumbuhnya gigi bungsu ialah karena gigi bungsu tersebut tumbuh dan menyenggol gigi gigi normal disampingnya.

Tumbuh miring mengakibatkan gigi tersebut melukai gusi atau merusak gigi sampingnya. Rusaknya gigi menimbulkan lubang yang dimana lubang tersebut dapat ditumbuhi bakteri, inilah yang menimbulkan rasa nyeri dan menimbulkan bengkak.

      Saraf pada gigi yang rusak akibat disenggol gigi bungsu dapat menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Apalagi ditambah dengan adanya penumpukan bakteri pada lubang gigi. Tentu saja ini akan memperparah keadaan gigi anda.

Maka dari itu, solusi yang tepat jika terjadi masalah pada gigi bungsu ialah dengan mencabutnya. Sebelum mencabut, dokter akan merontgen gigi anda terlebih dahulu. Setelah diketahui kemiringan dan letak gigi bungsu, maka bisa dilakukan Odontektomi.



      Pencabutan gigi bungsu dilakukan apabila telah membahayakan susunan gigi yang sudah tumbuh sebelumnya. Jika belum mengganggu, dan masih menimbulkan rasa nyeri, anda bisa memberikannya analgetik atau pereda rasa nyeri.

Rasa nyeri ini sangat mengganggu apabila tidak segera diberi obat analgetik. Rasa nyeri tersebut juga bisa merambat ke arah telinga. Sehingga bisa bisa membuat telinga anda nyeri akibat rasa nyeri yang ada di gigi bungsu.

      Sebenarnya rasa sakit yang diakibatkan gigi bungsu tidak hanya menyerang remaja saja, namun juga orang dewasa dengan umur 40 tahun. Memang kita tidak dapat menghindari gigi bungsu tumbuh, oleh karena itu, kita harus siap siap jika memiliki masalah pada gigi bungsu.

Jika anda merasa kesakitan akan tumbuhnya gigi bungsu ini dan anda tidak memiliki obat pereda rasa nyeri, anda harus menyimak penjelasan berikut ini.

      Ada banyak sekali jenis obat obat tradisional yang dapat meredakan rasa nyeri pada gigi bungsu yang tumbuh.

Obat obat tersebut sangat mudah ditemukan di rumah kita dan menjadi langkah alternatif atau sementara sebelum anda memeriksakannya ke dokter gigi. Berikut ini adalah obat untuk meredakan rasa sakit pada gigi bungsu.

1. Air Garam
2. Obat Kumur
3. Kompres dengan Es Batu



Ketiga cara tersebut ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri sementara pada gigi bungsu anda loh. Untuk air garam, anda bisa melarutkan garam pada air, yang kemudian digunakan untuk berkumur kumur.

Pastikan anda menggunakan air hangat. Selain air garam, obat kumur mengandung anti bakteri yang dapat membunuh bakteri bakteri pada luka di gigi anda akibat tumbuhnya gigi bungsu. Dengan demikian, rasa nyeri akan lebih tereduksi.

Selain itu, ada metode lain yaitu dengan mengompresnya dengan es batu. Es batu dapat menenangkan saraf kita, sehingga dapat meredakan rasa sakit. Anda jangan mengompresnya secara langsung, tapi dengan membalutkannya pada kain atau handuk yang kemudian ditempel pada rahang anda yang nyeri.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Penyebab Gigi Bungsu Sakit di Usia Remaja
Penyebab Gigi Bungsu Sakit di Usia Remaja
https://lh5.googleusercontent.com/PZvGJVdd6G-hTSlLyd-GeLtbhah4DJxijewK3Lt8EArExtSQvxIaAJoHgInYSlApTjx6Md-NYxxy5xQVFEc7D2YFKifqfB_uXe7XRjyiD5wmQDt9mDqkrLbTLBy7Ta40UTB8Ga0w
https://lh5.googleusercontent.com/PZvGJVdd6G-hTSlLyd-GeLtbhah4DJxijewK3Lt8EArExtSQvxIaAJoHgInYSlApTjx6Md-NYxxy5xQVFEc7D2YFKifqfB_uXe7XRjyiD5wmQDt9mDqkrLbTLBy7Ta40UTB8Ga0w=s72-c
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/08/penyebab-gigi-bungsu-sakit-di-usia.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/08/penyebab-gigi-bungsu-sakit-di-usia.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy