Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Thursday, April 25, 2019

Tanaman yang Terancam Punah

Sketsasultra.com- Kendari. Berikut Tanaman yang sudah Terancam Punah
Kekayaan dan keanekaragaman hayati memberikan banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia. Apalagi kita hidup di negara Indonesia yang sebagian besar wilayahnya berupa hutan tropis. Selain itu, Indonesia ditetapkan sebagai paru paru dunia.

Maka dari itu tak khayal jika banyak sekali keanekaragaman yang tersimpan dalam hutan Indonesia. Tapi siapa sangka, jika sebagian besar tanaman tanaman tersebut masuk ke dalam daftar tanaman yang terancam punah loh.

Tanaman tanaman ini memiliki bentuk yang unik, sehingga banyak orang memburunya yang digunakan untuk koleksi, obat obatan, atau dijual.

Bahkan, dari beberapa tanaman tersebut, hanya mampu tumbuh di wilayah tersebut. Berikut ini adalah Tanaman yang Terancam Punah.

1. Kantong Semar
Salah satu tumbuhan yang menjadikan serangga sebagai nutrisinya ialah Kantong Semar. Tumbuhan ini berbentuk seperti sebuah kantong yang berisi enzim untuk mencerna mangsanya.

Lalu bagaimana mangsanya dapat masuk ke dalam kantong? Mereka terpikat dengan lubang kantong tersebut, lalu setelah ada serangga yang masuk, mereka akan terjebak, dan kemudian Kantong Semar akan menutup katupnya lalu mencerna mangsanya tersebut.

Tanaman ini berbentuk unik dan cantik, maka tak khayal jika tumbuhan ini banyak diincar oleh orang.

2. Bunga Bangkai
Tumbuhan yang bernama latin Amorphophallus Titanum ini ternyata termasuk ke dalam kategori bunga endemik Indonesia. Bunga ini dinamai bunga bangkai karena mengeluarkan bau busuk menyerupai bangkai.

Lalu pertanyaan muncul, mengapa Bunga Bangkai mengeluarkan bau seperti bangkai? Jawabannya karena bau bangkai akan memikat serangga seperti lalat dan kumbang untuk membantu bunga ini melakukan proses penyerbukan.

Bunga yang bisa memiliki tinggi 4 meter ketika mengucup ini ternyata sangat cantik jika mekar. Mekarnya bunga bangkai bertahan sekitar 7 hari saja.

Karena mengingat proses penyerbukan atau perkembangbiakannya cukup susah, maka tumbuhan ini juga terancam populasinya.

3. Pohon Ulin
Pohon yang khas di pulau Kalimantan ini terkenal mampu menghasilkan kayu yang super kuat. Maka tak jarang jika banyak orang menebang pohon ini untuk dijadikan bahan pondasi sebuah bangunan.

Tapi tak sedikit pohon Ulin juga bisa ditemukan di hutan Sumatera. Pohon ini dapat mencapai 36 meter an dan dapat memiliki diameter mencapai 95 centimeter.

Karena pohon ini sering dimanfaatkan dan cara mengembangbiakkan pohon ini juga sangat susah, maka tak heran jika pohon ini langka.

Pengembangbiak pohon Ulin harus memperhatikan iklim, cuaca, dan vegetasi dari kecocokan tumbuhan ini.

4. Tanaman Venus Flytrap
Setiap orang pasti mengenal dengan tumbuhan yang satu ini. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan karnivora. Mengapa disebut karnivora?

Karena tumbuhan Venus mendapatkan nutrisinya dari serangga yang ia makan. Tumbuhan yang berbentuk seperti mulut yang sedang membuka ini, apabila ada serangga yang hinggap di mulutnya, maka secara otomatis, bunga Venus akan menutup mulutnya dan memakannya.
Tumbuhan ini sangat unik, sehingga banyak diburu.

5. Pohon Cendana
Pohon Cendana memiliki bau yang harum. Maka tak jarang orang orang menggunakan kayunya sebagai parfum. Mitosnya, wangi dari kayu Cendana ini sangat tahan lama, bahkan hingga ratusan tahun.

Seiring dengan banyaknya orang yang mengambil kayunya untuk keperluan fashion, maka populasi kayu Cendana ini sudah sangat jarang ditemui. Pohon ini ditemukan sebagai parasit dengan menumpang di tumbuhan lainnya.

Minyak Cendana yang digunakan untuk parfum ini memiliki harga yang sangat mahal. Bahkan sekarang minyaknya sudah sangat langka untuk ditemukan.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Tanaman yang Terancam Punah
Tanaman yang Terancam Punah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMASxiX8fYiQqotV4Aj06TP3wpPucLv83D3EgNs8JnvFab5O5lNy_Hp6t79PxaFuDOubnkB6B3RuyHLFahULl4ih6PHdIjEa8JKAD4K_IM2KJCI1g47WGT2tj7SvrnGKEAzBp8aUXR-lq-/s640/jvghdthghklh.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMASxiX8fYiQqotV4Aj06TP3wpPucLv83D3EgNs8JnvFab5O5lNy_Hp6t79PxaFuDOubnkB6B3RuyHLFahULl4ih6PHdIjEa8JKAD4K_IM2KJCI1g47WGT2tj7SvrnGKEAzBp8aUXR-lq-/s72-c/jvghdthghklh.png
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/04/tanaman-yang-terancam-punah.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/04/tanaman-yang-terancam-punah.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy