Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Sunday, May 5, 2019

Hewan yang terancam punah

Sketsasultra.com- Hewan telah memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia. Entah itu sebagai alat transportasi, penelitian ilmu pengetahuan, konsumsi, dan lain sebagainnya.

Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus bisa menjaganya agar hewan hewan tersebut tidak punah. Memang ada beberapa hewan yang bisa bereproduksi dalam jumlah besar dan cepat, namun ada juga hewan yang hanya bereproduksi dalam jumlah yang kecil dan cukup lambat.

Selain itu, hewan hewan tersebut juga sering diburu untuk dimanfaatkan bagian tubuhnya, semisal kulit, cula, tulang, daging dan lain lain.

Bagian bagian tubuh tersebut memiliki harga jual yang tinggi, sehingga permintaan dan perburuan liar terus terjadi. Dan berikut ini adalah Hewan yang Terancam Punah.

1. Badak
Memang didunia ini ada beberapa jenis Badak dan setiap jenis Badak dinyatakan langka dan hewan yang dilindungi. Banyak orang yang memburu badak untuk diambil cula dan kulitnya.

Memang harga cula badak sangatlah mahal, harganya bisa mencapai 800 juta per kilo. Tentu saja dengan jual yang menggiurkan ini banyak orang yang memburunya.

Oleh karena itu, sekarang badak telah dilindungi. Banyak negara yang telah melarang perburuan badak. Dan sekarang badak telah dikonservasikan agar tidak terancam punah keberadaannya.

2. Cendrawasih
Siapa toh yang tidak kenal dengan burung khas Indonesia ini. Walaupun tidak setiap orang pernah melihat burung Cendrawasih, namun memang keberadaannya sangat dilindungi.

Burung Cendrawasih memiliki bulu yang sangat cantik, di seekor burung, terdapat sekitar 4 warna yang cantik. Selain warnanya yang cantik, burung ini memiliki ekor yang unik, yaitu dengan 2 bulu panjang dan melingkar.

Habitat asli burung ini ialah di kepulauan Raja Ampat, Papua, Indonesia. Saking cantiknya burung ini, hingga burung ini mendapat julukan si burung Surga.

3. Harimau Sumatera
Harimau Sumatera ialah salah satu jenis hewan khas indonesia. Harimau Sumatera ini salah satu subspesies yang harimau yang terkecil. Harimau ini sering bentrok dengan warga sekitar, karena di habitat aslinya, sumber makanannya mulai berkurang.

Hal ini dikarenakan penebangan liar dan pembukaan lahan menjadi alasan mengapa harimau harimau tersebut masuk kedalam pemukiman warga.

Harimau Sumatera diburu untuk diambil kulitnya, karena kulitnya sangat cantik jika dijadikan souvenir. Siapapun yang memburu hewan akan ditindak pidana.

4. Saola
Saola ialah salah satu hewan yang unik di dunia, namun terancam kepunahan. Hewan ini biasa disebut sebagai Unicornnya Asia, karena hewan ini memiliki tanduk seperti Unicorn, namun Saola memiliki 2 tanduk.

Banyak orang yang memburu hewan ini untuk diambil tanduknya. Menurut Kompas.com, jumlah Saola di alam liar tak lebih dari ratusan ekor.

Salah satu cara yang tepat untuk mengembangbiakan Saola ialah dengan mengembangbiakkannya di dalam kandang kandang. Yang setelah itu, nantinya Saola bisa dilepas liarkan.

5. Penyu Belimbing
Salah satu jenis penyu yang memiliki ukuran besar ialah Penyu Belimbing. Penyu ini sering bermigrasi dari tempat ke tempat untuk berkembang biak.

Habitat asli dari hewan ini ialah di daerah Papua Barat. Penyu Belimbing punah bukan karena perburuan liar, namun karena kualitas air laut yang semakin hari semakin parah.

Untuk menjaga populasi Penyu Belimbing ini, pemerintah Indonesia berkerja sama dengan Universitas Alabama dan ahli biota laut untuk melakukan konservasi.

Tentu saja langkah ini diharapkan agar penyu Belimbing tetap terjaga populasinya di dunia ini.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Hewan yang terancam punah
Hewan yang terancam punah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyAklAghYc4LAFOTBwk_OVrtT47N2rOfGN3nwxrqilK_5LjzHfRSZ0Evh10XhjYgwXZu1_d7QgglBvGrLNPbH8W4ccNatcAaN7qtbz9Ls_qW_AB2sfZWywBoNuTCKGVxUY6j2ciHEsX6w5/s640/peny.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyAklAghYc4LAFOTBwk_OVrtT47N2rOfGN3nwxrqilK_5LjzHfRSZ0Evh10XhjYgwXZu1_d7QgglBvGrLNPbH8W4ccNatcAaN7qtbz9Ls_qW_AB2sfZWywBoNuTCKGVxUY6j2ciHEsX6w5/s72-c/peny.png
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/05/hewan-yang-terancam-punah.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/05/hewan-yang-terancam-punah.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy