Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Thursday, June 20, 2019

Makanan Khas Jawa Tengah yang Memiliki Cita Rasa Asam

Sketsasultra.com - Apabila anda mengunjungi di suatu daerah, tak lengkap rasanya apabila kita tidak mencoba kuliner khas di daerah tersebut.

Setiap daerah memiliki kulinernya masing masing. Dan setiap daerah memiliki ciri khusus dari kulinernya. Semisal saja daerah Jawa Tengah menyukai kuliner yang pedas, gurih dan asam. Hal inilah yang menciptakan keragaman kuliner di nusantara.

Seperti halnya di wilayah lainnya yang memiliki makanan khasnya masing masing, Jawa Tengah memiliki beberapa makanan khas yang memiliki cita rasa asam dan pedas.

Banyak sekali kuliner Jawa Tengah yang memiliki cita rasa asam pedas. Makanan makanan tersebut bisa anda temukan di daerah Jawa Tengah khususnya.

Namun tidak menutup kemungkinan dapat anda jumpai di daerah lain. Bagi anda yang menyukai kuliner yang bercita rasa asam, maka tak ada salahnya untuk menyimak artikel berikut ini.

Pada artikel ini, akan dijelaskan makanan khas Jawa Tengah yang memiliki cita rasa Asam. Sebenarnya anda juga bisa mengatur tingkat keasaman makanan tersebut sesuai dengan selera, atau bahkan menghilangkan rasa asam tersebut atau menambahkannya.

1. Garang Asem

Jika anda penduduk Jawa khususnya provinsi Jawa Tengah, siapa toh yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Makan ini dapat terbuat dari berbagai macam bahan baku seperti daging ayam, ikan, iga, udang atau yang lainnya.

Garang Asem ialah sebuah makanan yang dari olahan bahan baku tersebut yang berkuah santan dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cita rasa asam manis atau pedas.

Garang Asem memang memiliki cita rasa yang unik, karena bahan yang digunakannya pun masih terbilang alami. Rasa asam dari Garang Asem sendiri berasal dari Belimbing Wuluh yang dicampurkan pada masakannya.

2.  Asem Asem Daging

Sebuah olahan daging sapi yang memiliki cita rasa asam dari Semarang ialah Asem Asem Daging. Kuliner ini memiliki cita rasa yang unik, yaitu pedas dan asam.

Perpaduan antara cabai dan asam jawa menciptakan rasa yang unik ditambah lagi dengan adanya bawang pada sup ini.

Kuah yang ada di sup ini terlihat kental dan penuh dengan rempah rempah alami. Bukan hanya daging saja yang ada di Asem Asem Daging ini, namun juga ada kacang panjang yang menjadi bahan tambahan dan membuat sup ini terlihat semakin menggoda untuk dinikmati. Banyak kok resep resep masakan Asem Asem Daging ini tersebar di internet.

3. Rujak Buah

Sebenarnya kita yang tinggal dimanapun tidak asing dengan Rujak Buah. Di Indonesia, ada banyak sekali jenis Rujak.

Diantaranya ialah Rujak Cingur, Rujak Bebek, Rujak Serut dan lain sebagainnya. Namun kali ini akan dibahas mengenai Rujak Buah yang memiliki cita rasa asam pedas.

Buah yang ada di Rujak ini cukup beragam. Ada buah Bengkoang, Kedongdong, Timun, Pisang Klutuk, Ubi dan Mangga. Sebuah buah tersebut disiram dengan bumbu halus yang dicampur dengan asam jawa.

Tak ada cabai, bukan Rujak namanya. Maka dari itu, gunakanlah cabai secukupnya serta asam sesuai selera.

4. Sambel Blimbing Wuluh

Sebenarnya ini hanya sekedar sambel yang terkenal dengan keasamannya. Sambel ini memiliki bahan utama selain cabai, yaitu Blimbing Wuluh. Blimbing Wuluh sendiri memiliki cita rasa asam, sehingga perpaduan antara cabai dengan blimbing wuluh dapat menghasilkan rasa asam pedas.

Sambel ini nantinya dapat anda campurkan dengan masakan lainnya, semisal seperti ayam bakar, lumpia, bebek goreng atau makanan lainnya.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Makanan Khas Jawa Tengah yang Memiliki Cita Rasa Asam
Makanan Khas Jawa Tengah yang Memiliki Cita Rasa Asam
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgl8si6Nv64O3ofGD2clpbMlGaBqOJYg9AM-jgtOdYwIiIIGEZ9_hCu1x8e4SCRsE98ARYh4QnnhdozQ3AvTnAbRHvS66c25-DDyzI9KCPWGk8d_mI-7RlRZCoaGL_75zYaMOAgva-luh24/s640/makanan.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgl8si6Nv64O3ofGD2clpbMlGaBqOJYg9AM-jgtOdYwIiIIGEZ9_hCu1x8e4SCRsE98ARYh4QnnhdozQ3AvTnAbRHvS66c25-DDyzI9KCPWGk8d_mI-7RlRZCoaGL_75zYaMOAgva-luh24/s72-c/makanan.png
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/06/makanan-khas-jawa-tengah-yang-memiliki.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/06/makanan-khas-jawa-tengah-yang-memiliki.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy