Only for Admin

Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Friday, July 5, 2019

Kuliner Khas Cirebon yang dapat ditemui dimana saja, Tahu Gejrot

Sketsasultra - Cirebon ternyata bukan hanya terkenal sebagai kota yang dipadati pabrik atau industri, namun juga terkenal akan kulinernya.

Di Cirebon, kita bisa menemui berbagai macam kuliner, diantaranya ialah sate kentang, nasi lengko, docang, mie koclok, tahu gejrot dan lain seabgainnya. Salah satu kuliner yang terkenal ialah Tahu Gejrot.

Tahu Gejrot ini sendiri dapat kita temui di kota besar seluruh indonesia. Karena sebenarnya banyak sekali orang yang telah menjual kuliner khas cirebon yang satu ini.



Ada banyak faktor mengapa kuliner khas cirebon, tahu gejrot, ini diminati oleh banyak orang. Diantaranya ialah pembuatannya yang terbilang mudah dan simple.

Selain itu, Tahu Gejrot juga memiliki rasa yang sangat enak dan gurih. Walaupun terbilang makanan yang simple dan ringan, Tahu Gejrot mampu membuat siapa saja mencintainya.

Hal ini dikarenakan pada makanan Tahu Gejrot terdapat perpaduan berbagai rasa, diantaranya ialah gurih, pedas, dan manis.

      Bahan dasar dari Tahu Gejrot ialah Tahu Sumedang. Tahu Sumedang tersebut digoreng dan diiris tipis tipis. Dalam pembuatan Tahu Gejrot sangat diwajibkan menggunakan tahu yang di dalamnya agak kopong atau Tahu Sumedang.

Mengapa demikian? Karena tahu yang di dalamnya agak kopong, semua bumbu bumbunya dapat masuk dan menyerap ke dalam tahu. Sehingga rasa dari tahunya akan maksimal dan lebih gurih.

      Para penjual Tahu Gejrot biasanya menggunakan gerobak. Mereka menjajakan jajanan ini dengan berkeliling kampung atau mangkal di suatu tempat.

Para penjual biasanya telah mempersiapkan sebelumnya kuah Tahu Gejrot. Kuah tersebut merupakan campuran dari beberapa bahan seperti gula jawa, kecap manis, air, dan lain sebagainnya.

Sedangkan untuk bumbu lain seperti bawang merah, cabai, garam akan di uleg menjadi satu pada cobek. Semua bumbu tersebut di campur ke dalam kuah Tahu Gejrot yang hendak anda santap.



Bumbu bumbu yang digunakan dalam pembuatan Tahu Gejrot cukup sederhana. Yaitu bumbu tradisional seperti bawang merah, bawang putih, gula jawa, kecap, asam, cabai merah, cabai rawit, cabai hijau, dan garam.

Anda bisa menambah atau mengurangi bumbu bumbu tersebut sesuai dengan selera anda. Tapi pada dasarnya, rasa Tahu Gejrot itu gurih, pedas, dan manis. Jadi, anda jangan menghilangkan ketiga komponen ini dalam pembuatan Tahu Gejrot.

    Rasa kuahnya yang sangat terasa membuat siapapun menyukai makanan tradisional ini. Bumbu bumbu yang barusan di uleg menjadi satu tersebut membuat rasanya semakin kuat. Jadi jangan heran jika nantinya anda tidak bisa berhenti memakan Tahu Gejrot ini.

    Ada kabar baik buat anda yang ingin mencicipi Tahu Gejrot ini. Harga yang ditawarkan untuk setiap porsi Tahu Gejrot terbilang sangat terjangkau.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.5000 hingga Rp.10.000 saja anda sudah mendapatkan 1 porsi Tahu Gejrot dengan sekitar 5 hingga 10 buah tahu. Tentu saja harga yang demikian sangatlah murah dan harganya tidak sebanding dengan rasanya yang sangat nikmat.

    Biasanya Tahu Gejrot disajikan di piring kecil yang terbuat dari tanah liat. Namun, jika anda membeli Tahu Gejrot di pinggir jalan, mungkin anda menggunakan plastik atau daun pisang dalam pembungkusan Tahu Gejrot.

Dan satu lagi poin penting dalam pembuatan Tahu Gejrot, yaitu tidak sembarang tahu dapat digunakan untuk membuat Tahu Gejrot, hanya tahu yang di dalamnya sedikit kopong. Agar semua bumbu dapat meresap sempurna ke dalam tahu.

No comments:

Post a Comment

Post Ads

Inner Post Ads

Contact Form

Name

Email *

Message *

false
ltr
item
Sketsa Sultra - Media Online Nasional: Kuliner Khas Cirebon yang dapat ditemui dimana saja, Tahu Gejrot
Kuliner Khas Cirebon yang dapat ditemui dimana saja, Tahu Gejrot
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmlE6PheIyZ46KEYVpvW7zXIEA0suqHetgdwxyBtx_WObnI-quuFL7HTU1kXcHy9QDKe9ax8weiXaRWTFHtXqLG02lyHeJ5eib00bIRKCHI4yFRExb_5Qvf-9UvujvUsMWyaUj382s0vcd/s640/tahu.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmlE6PheIyZ46KEYVpvW7zXIEA0suqHetgdwxyBtx_WObnI-quuFL7HTU1kXcHy9QDKe9ax8weiXaRWTFHtXqLG02lyHeJ5eib00bIRKCHI4yFRExb_5Qvf-9UvujvUsMWyaUj382s0vcd/s72-c/tahu.png
Sketsa Sultra - Media Online Nasional
https://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/kuliner-khas-cirebon-yang-dapat-ditemui.html
https://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/
http://sketsasultra1.blogspot.com/2019/07/kuliner-khas-cirebon-yang-dapat-ditemui.html
true
1752738089262636652
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy